Posted in kesehatan

Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia

Olahraga penting bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi tak jarang, usai berolahraga petaka justru datang. Agar olahraga tak malah jadi petaka, kita perlu memilih jenis olahraga yang sesuai usia dan kondisi fisik. Inilah Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya, kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pemabayaran “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia

Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia — Kesehatan adalah hal yang sangat penting dibandingkan dengan hal lainnya. Untuk menjaga kesehatan perlu melakukan olahraga secara teratur, namun setiap olahraga haruslah disesuaikan dengan umur agar olahraga sesuai dengan kemampuan fisik masing-masing. Olahraga juga menjadi penting dilakukan secara rutin seiring dengan pertambahan usia.

Umumnya setiap orang akan memilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan kebutuhan. Untuk menjaga kesehatan perlu melakukan olahraga secara rutin dan sesuai dengan umur kita.

Olahraga yang baik sesuai umur

  • Usia 20-an

Kebiasaan berolahraga penting dimulai oleh orang di usia 20-an. Sebuah studi yang dilakukan JAMA Internal Medicine pun mengungkap latihan kardio bagus untuk mereka. Para partisipan yang lari paling tidak 10 menit dalam tes memiliki risiko kematian 50% lebih rendah setelah diuji beberapa tahun setelahnya. Riset ini menyarankan Anda berlari 30 menit lima kali seminggu.

Selain kardio, orang-orang muda juga dianjurkan melakukan yoga. Alasannya, wanita dan pria di usia 20-an baru menghadapi permasalah hidup. Yoga bisa membantu mereka agar tidak stres, kesulitan tidur, depresi, atau sakit. Studi menyarankan agar latihan ini dilakukan dua kali seminggu.

  • Usia 30-an

Di usia 30-an, metabolisme mulai menurun sehingga berat badan lebih cepat naik hingga dua kg setahun. Begitu juga dengan otot tubuh yang semakin lemah dengan seiring pertambahan usia. Karenanya, coba lakukan interval training serta angkat beban ketika nge-gym. Lakukan angkat beban dua sampai tiga set dan fokus pada bagian dada, kaki, dan pundak.

Kamu mungkin berpikir semua olahraga melatih otot, seperti Pilates atau kelas boot camp cukup untuk membangun kembali totot. Tetapi aktivitas-aktivitas itu hanya menjaga masa otot. Angkat beban bisa membantu membangun apa yang hilang,” kata Mike Siemens selaku director of exercise physiology Canyon Ranch Health Resort kepada Huffington Post.

  • Usia 40-an

Meski keadaan tubuh tidak seprima dulu, sebaiknya Anda tetap berolahraga bahkan jika bisa lebih sering. Menurut penelitian dari Medicine & Science in Sports Exercise, latihan akan melindungi telomer atau bagian ujung DNA yang semakin pendek seiring bertambahnya usia. Orang yang aktif secara fisik di usia 40-an memiliki pun risiko pemendekan telomer lebih kecil sehingga sel-selnya tetap bertahan. Dianjurkan untuk fokus pada latihan angkat beban, jogging, berjalan, atau bersepeda.

  • Usia 50-an

Kepadatan tulang menurunkan setelah wanita mengalami menopause. Untuk itu, orang di usia 50-an dianjurkan melakukan olahraga seperti tennis, hiking, dan menari. Latihan-latihan tersebut bisa menjaga kekuatan tulang sehingga Anda dapat beraktivitas dengan normal. Lakukanlah olahraga selama 30 menit dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Kemudian perhatikan pula kesehatan kaki Anda. Penelitian dari Gerontology pun mengungkap jika wanita di usia 50-an dengan kaki yang kuat juga memiliki kemampuan otak yang baik. Karenanya, studi itu menyarankan Anda coba lakukan lari, skipping, atau menari tiga kali seminggu dengan durasi 45 menit.

  • Usia 60-an Ke Atas

Angkat beban dengan berat yang sedang perlu dilakukan Anda yang berusia 60 tahun ke atas. Coba variasikan gerakan dengan bumble yang melatih seluruh tubuh. Lakukanlah selama 40 menit dua kali seminggu. Kemudian pastikan pula bila Anda tetap aktif berkegiatan yang juga baik untuk kesehatan, misalnya berjalan atau berkebun. Hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari diabetes, penyakit hati, dan kanker. Pastikan pula bila tubuh bergerak selama 30 menit setiap hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel mengenai Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Teruas kunjungi situs https://carapemesanankudingplustea.wordpress.com untuk update informasi penting dan menarik lainnya.

Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia

Advertisements

One thought on “Jenis Olahraga Yang Tepat Sesuai Usia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s